September 25, 2012

Cara Membuat Web Server dan Mengubah Kata “localhost” di Windows 7

Written by | 25/09/2012 | 11

Pada windows 7 terdapat fitur tersembunyi yang bisa kita manfaatkan secara maksimal. Setelah kita install OS Windows 7 fitur seperti Web Server tidak aktif. Internet Information Service (IIS) adalah Web Server yang digunakan pada windows. Bahasa yang dikenal untuk membuat website adalah ASP.NET. Pada saat ini versi yang terbaru adalah IIS 7.5 (tersedia pada Windows 7 dan Windows Server 2008 R2), mulai dari IIS 7 sudah dikenal script PHP. Untuk  ASP.NET  terbaru adalah ASP.NET 4 yang tentunya mengalami penambahan fitur dan mendukung  Silverlight 4 dan HTML 5.
Apa itu Silverlight? Jika kita mengakses halaman website, disana kita melihat ada animasi (gambar bergerak). Jika kita klik kanan area tersebut biasanya terlihat kata Adobe. Maksudnya adalah animasi itu dibuat menggunakan tools Macromedia Adobe Flash dan vendornya Adobe. Microsoft tidak mau kalah :D , Microsoft membuat Silverlight untuk animasi website. Jadi Silverlight itu mirip Adobe Flash Player. Sampai saat ini versi terbaru adalah Silverlight 5 Beta. Sekarang saya akan menjelaskan langkah membuat web server pada windows 7. Sehingga teman-teman bisa mempelajari  ASP.NET dan Silverlight.
  • Buka Start – Control Panel – Programs – Turn Windows Features on or off
  • Ceklist Internet Information Services, kemudian OK
  • Tunggu beberapa saat proses instalasi IIS. Kemudian pada Internet Explorer ketikkan Localhost
.
Instalasi IIS 7 sudah selesai, default direktori untuk webserver  di C:\inetpub\wwwroot. Setelah itu bagaimana mengubah default alamat local site Localhost sesuai dengan keinginan kita?
Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Buka file host dari C:\Windows\System32\drivers\etc
  • Kemudian ganti permission dengan cara klik kanan – properties, pilih Tab Security – pilih button Edit – di Group or User names: pilih account yang user anda. Disini saya gunakan user pico-PC. Kemudian bagian Permission for Users di bagian Full control centang Allow, Kemudian Apply – OK.
  • Kemudian buka file hosts dengan menggunakan notepad. Setelah itu ganti Localhost sesuka hatimu. Disini saya ganti dengan www.simonpakpahan.com. Tanda comment “#” dihapus.
  • Setelah itu coba cek di Internet Explorer. Ketikkan www.simonpakpahan.com (disesuaikan ya)  :D
Akhirnya selesai juga. Semoga bermanfaat :D

6 comments: