July 24, 2012

Cara Mempercepat / Refresh Custom ROM di Android



Halo ,  Sekedar sharing tips dan trik untuk agan-agan yang merasa Androidnya makin lama makin lemot. Mudah2an belum pernah ada yang sharing...
Untuk tutorial ini , saya illustrasikan kalian ssedang memakai galaxy ACE :d
Mungkin agan-agan ada yang merasa semakin lama dipakai, ACE-nya makin lama makin lemot, banyak lag, dan nggak smooth lagi, padahal udah pake Custom ROM yang menurut agan paling smooth dan cepat seperti GingerReal atau Cyanogen.
http://andro-id.net/wp-content/uploads/2011/09/Output-of-CyanogenMod-7.1-RC1-support-of-Galaxy-S-Optimus-2X-and-Incredible-S1.png

Apapun ROM-nya, semakin lama dipakai pasti semua HP Android akan turun kinerjanya, apalagi kalo sering banyak buka aplikasi. Itu karena saat beroperasi dan membuka applikasi, system akan membuat file2 cache dan temporary yang bertujuan untuk mempercepat kinerja. Seharusnya saat applikasi telah ditutup atau HP dimatikan, file cache dan temp tersebut secara otomatis terhapus dan diganti oleh file dari aplikasi lain. Tapi celakanya, OS Android ternyata punya sifat "pelupa", sehingga ada file yang nggak ikut dihapus. File2 itu menjadi junk dan masih diakses oleh memory (RAM) padahal nggak digunakan lagi. Jika jumlah file2 junk menjadi banyak maka akan memakan size RAM yang banyak juga hingga menghambat file cache dan temporary baru yang akan dijalankan. Makanya terjadi lag karena system kekurangan memory akibat banyaknya file junk yang makin lama makin menumpuk. Kalo nggak nggak dibersihkan. File2 junk ini makin lama akan memenuhi RAM dan suatu saat akan menyebabkan system bisa hang.
Ada banyak applikasi untuk membersihkan file2 junk ini, dari yang gratis sampe yang berbayar. Tapi ada kalanya aplikasi2 tersebut nggak bisa membersihkan file2 junk secara tuntas hingga HP tetep lemot. Kalo agan mengalami hal tersebut, biasanya cara terakhir adalah Factory Reset atau flashing ulang untuk mendapatkan RAM yang fresh. Dan berarti kerjaan lagi karena harus install ulang aplikasi2 , setting dll.

Sebetulnya ada cara yang singkat dan mudah untuk membersihkan file2 junk secara tuntas, tanpa harus setting dan menginstall kembali applikasi2 yang ada, yaitu dengan memanfaatkan CWM recovery mode.

Caranya
1. Masuk ke CWM recovery mode.
2. Backup seluruh isi HP dengan CWM.
3. Masih di Recovery mode, pilih "Wipe Cache Partition"
4. Pilih "Wipe Data/Factory Reset"
5. Setelah proses FR selesai, langsung masuk menu "Backup and Restore"
6. Pilih "Advanced Restore" dan pilih backup yang baru aja dibuat.
7. Pilih "Restore Data" Tunggu hingga prosesnya selesai (lamanya tergantung banyaknya applikasi yang diinstall)
8. Setelah selesai, ulangi step 5 dan 6
9. Pilih "Restore SD-Ext". Tunggu sampe selesai.
10 Reboot

Dan akhirnya , Agan2 akan mendapatkan kembali ROM yang seperti fresh from oven dan ngebut seperti saat pertama kali flashing, tapi dengan applikasi dan setting yang nggak berubah.

Bersih2 dengan cara diatas bisa dilakukan secara rutin, misalnya seminggu atau dua minggu sekali supaya ACE agan tetep Ngaciiir :D

Semoga Bermanfaat :)

0 comments:

Post a Comment