July 24, 2012

Cara Cloning Hardisk Mudah dan Cepat dengan XXClone Gratis

Sebuah pertanyaan yang tepat diajukan sebelum saya melanjutkan artikel ini adalah : kenapa kita perlu cloning hardisk? Apa manfaat dan keuntungannya? Studi kasus berikut ini mungkin bisa menjelaskan tentang manfaat yang kita dapatkan dari kloning hardisk :
advertisements
 
Hardisk komputer kita berkapasitas kecil. Kita ingin upgrade ke hardisk yang berkapasitas lebih besar. Sayangnya, di dalam hardisk tersebut sudah terinstall Windows, software, aplikasi, dan banyak hal lainnya. Akan sangat melelahkan dan boros waktu jika kita menginstall semuanya dari awal. Hal yang bisa kita lakukan untuk menghemat waktu dan produktivitas adalah dengan mengkloning hardisk lama kita ke hardisk kita yang baru. File, Windows, Software, Aplikasi, serta berbagai setting lainnya akan bisa digunakan secara langsung tanpa kita perlu bersusah payah.
Dengan manfaat cloning hdd yang sedemikian besar, hari ini saya akan memberikan sebuah software clone hardisk yang gratis dan legal : XXClone!
Apa itu XXClone?
advertisements
 
XXClone adalah freeware yang dibuat untuk mempermudah anda dalam melakukan kloning hardisk. Fungsinya sama dengan software Norton Ghost.
Sebenarnya XXClone Free merupakan versi gratis dari XXClone Home dan XXClone Pro. Namun demikian, fitur XXClone Free sudah bisa digunakan untuk mengkloning hardisk dengan mudah dan cepat.
Bagaimana cara mengkloning hardisk dengan XXClone Free?
1. Download XXClone Free versi terbaru
Installer XXClone Free
Homepage XXClone Free
2. Install dan jalankan XXClone Free
3. Pastikan kedua hardisk : hardisk sumber (source) dan hardisk tujuan (target) sudah terpasang di komputer anda.
3. Ketika pertama kali XXClone dijalankan, akan ada tampilan untuk memilih Source Volume dan Target Volume. Pilih sesuai dengan yang anda inginkan kemudian klik “Start”. Klik Yes jika ada popup konfirmasi. Tunggu hingga selesai.
Cara Cloning Hardisk Mudah dan Cepat
4. Jika dalam kasus ini anda sedang mengkloning hardisk yang berisi sistem operasi, maka anda harus membuat Clone Drive tersebut bootable. Caranya cukup klik tab “Cool Tools” dan klik tombol “Make Bootable”
Cara Cloning Hardisk Mudah dan Cepat
5. Saat ada popup yang muncul, centang ketiga Boot Control : Write MBR, Write Boot Sector, dan Write BOOT.INI. Kemudian klik Start. Saat ada konfirmasi, klik Yes.
Cara Cloning Hardisk Mudah dan Cepat
6. Hardisk anda sudah selesai dikloning, Klik Exit.
Kini anda telah berhasil melakukan clone hardisk dengan mudah. Hardisk hasil kloning tersebut sudah siap anda gunakan di komputer anda.
Bagaimana? Mudah sekali bukan?
Sayangnya masih ada beberapa software yang harus diinstall lagi setelah proses kloning hardisk, misalnya saja Microsoft Office dan beberapa software lainnya.
Jika anda memiliki pertanyaan seputar kloning hardisk, silahkan ajukan di kolom komentar berikut ini. Semoga bermanfaat :)

0 comments:

Post a Comment